Prak 04 - Design Thinking vs IES 2017 (International Electronics Symposium 2017)

1. Tujuan :   

Memahami Design Thinking dalam Kegiatan IES 2017

2. Alat :

 PC/Laptop 

3. Bahan :

- "E-trash (eepis trash bin) robot: visual-based trash detection and   
  classification"
- "DESIGN OPEN PERVASIVE DISPLAY AS A PUBLIC COMMUNICATION MEDIA"
- "DEVELOPING MULTIMEDIA SHARING CONTENT APPLICATION"
  (CASE STUDY OF EEPIS)
 

4. Dasar Teori :

- EMPHATIZE ( Empati ) 

1. Observe (amati)  

Mengamati apa yang dilakukan orang (user) dan cara mereka berinteraksi dengan lingkungannya membantu kalian untuk memahami kebutuhan mereka.

2. Engage (terlibat) 

Terlibat dengan orang secara langsung dapat membantu dalam mengungkapkan cara berpikir dan nilai-nilai yang mereka pegang. Kita dapat mengerti pandangan user melalui cerita dan hal-hal yang merekalakukan.

3. Immerse (rasakan langsung) 

Setelah mengamati dan melibatkan diri dengan user , penting untuk merasakan langsung pengalaman user. Temukan (atau jika perlu ciptakan) pengalaman tersebut agar kalian bisa merasakan situasi yang dialami oleh user.

- DEFINE ( Menentukan )

Mencari Permasalahan yang ada

- IDEATE ( Menghasilkan Ide )    

Mengeluarkan ide - ide yang dapat menjadi Solusi terhadap permasalahan.

- PROTOTYPE ( Prototipe)

Mengaplikasikan ide - ide yang sudah dikumpulkan kedalam bentuk fisik, dapat berupa catatan post-it yang ditempel di Tembok, kegiatan roleplay, objek, atau bahkan Story Board.

- TEST ( Uji Coba )

Tahapan test adalah peluang untuk memperbaiki solusi dan membuatnya lebih baik lagi. Tahapan ini dapat dilakukan secara berulang sampai kita mendapatkan hasil terbaik. 

5. Petunjuk Praktikum :

-          Berkelompok menjadi 5 kelompok dalam satu kelas 
-          Silahkan ke IES 2017
-          Hari ini ditutup dengan laporan praktikum  
-          Siapkan 3 PPT untuk presentasi di kelas teori

6. Tugas Praktikum : 

- Pilih 3 Judul IES     
- Membuat PPT mengenai Materi IES tersebut berdasarkan design thinking hasil praktikum 

7. Hasil Praktikum :



8. Kesimpulan :

Didalam Acara IES Terdapat 5 Langkah Design Thinking yaitu : Emphatize, Define, Ideate, Prototype,dan Test.

 9. Refrensi : 

- "E-trash (eepis trash bin) robot: visual-based trash detection and   
  classification"
- "DESIGN OPEN PERVASIVE DISPLAY AS A PUBLIC COMMUNICATION MEDIA"
- "DEVELOPING MULTIMEDIA SHARING CONTENT APPLICATION"
  (CASE STUDY OF EEPIS)
 

 



  

 

 

Komentar

Postingan Populer