Prak 03 - Design Thinking

1. Tujuan : 

Memahami Design Thinking dalam Pembuatan Tugas Akhir 

2. Alat :

 PC/Laptop 

3. Bahan :

- Buku Tugas Akhir "Pembuatan Aplikasi Edukasi sebagai Media Penyampaian Mata Pelajaran    Matematika ASMP Studi Kasus : BAB Statistik dan Peluang Berbasis Mobile"
- Buku Tugas Akhir "Pembuatan Digital StoryTelling Surabaya Kota Bonek"
- Buku Tugas Akhir "Game Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android"

4. Dasar Teori :

- EMPHATIZE ( Empati ) 

1. Observe (amati)  

Mengamati apa yang dilakukan orang (user) dan cara mereka berinteraksi dengan lingkungannya membantu kalian untuk memahami kebutuhan mereka.

2. Engage (terlibat) 

Terlibat dengan orang secara langsung dapat membantu dalam mengungkapkan cara berpikir dan nilai-nilai yang mereka pegang. Kita dapat mengerti pandangan user melalui cerita dan hal-hal yang merekalakukan.

3. Immerse (rasakan langsung) 

Setelah mengamati dan melibatkan diri dengan user , penting untuk merasakan langsung pengalaman user. Temukan (atau jika perlu ciptakan) pengalaman tersebut agar kalian bisa merasakan situasi yang dialami oleh user.

- DEFINE ( Menentukan )

- IDEATE ( Menghasilkan Ide )    

Mengeluarkan ide - ide yang dapat menjadi Solusi terhadap permasalahan.

- PROTOTYPE ( Prototipe)

Mengaplikasikan ide - ide yang sudah dikumpulkan kedalam bentuk fisik, dapat berupa catatan post-it yang ditempel di Tembok, kegiatan roleplay, objek, atau bahkan Story Board.

- TEST ( Uji Coba )

Tahapan test adalah peluang untuk memperbaiki solusi dan membuatnya lebih baik lagi. Tahapan ini dapat dilakukan secara berulang sampai kita mendapatkan hasil terbaik.


5. Petunjuk Praktikum :

-          Berkelompok menjadi 5 kelompok dalam satu kelas 
-          Silahkan ke perpustakaan D3/D4 
-          Hari ini ditutup dengan laporan praktikum  
-          Siapkan 3 PPT untuk presentasi di kelas teori

6. Tugas Praktikum :

-       Pilih 3 judul Tugas Akhir   
-       Membuat PPT mengenai Tugas Akhir tersebut berdasarkan design thinking hasil praktikum.  

7. Hasil Praktikum :


8. Kesimpulan :

Didalam buku tugas akhir Terdapat 5 Langkah Design Thinking yaitu : Emphatize, Define, Ideate, Prototype,dan Test

9. Refrensi : 


-       Buku Tugas Akhir "Pembuatan Aplikasi Edukasi sebagai Media Penyampaian Mata          Pelajaran    Matematika ASMP Studi Kasus : BAB Statistik dan Peluang Berbasis Mobile"
-       Buku Tugas Akhir "Pembuatan Digital StoryTelling Surabaya Kota Bonek"
-         Buku Tugas Akhir "Game Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android"-       Design Thinking "From Innovation to Action"      

 

 

Komentar

Postingan Populer