LAPORAN PRAKTIKUM METODOLOGI DESAIN

LAPORAN PRAKTIKUM



JUDUL : Mengenal Tahapan Desain

BAHAN : IDEO Deep Dive

DASAR TEORI :

       Tahapan desain adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian tertentu.

       Design thinking / Tahapan desain sangat berguna dalam kaitannya dengan teknologi, sama halnya dengan servis dan produk. Kehadirannya dapat menciptakan produk dan layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam operasi internal.

TUGAS :

Mengidentifikasi Tahapan – tahapan desain yang dilakukan

PETUNJUK PRAKTIKUM : 

1. Amati  video “IDEO DEEP DIVE”
2. Analisa video 
3. Diskusikan dengan teman sekelompok
4. Catat dan simpulkan tahapan desain pada video tersebut.

HASIL PRAKTIKUM : 

Perusahaan IDEO 

        IDEO adalah perusahaan di Palo Alto, California yang menggunakan langkah design thinking / tahapan desain untuk mendesain produk, sarana umum, properti rumah, alat digital, alat kedokteran, dll. 

Founder : David kelley, Bill moggridge, Mike Nuttal
Jumlah Pekerja : 600+ (tahun 2015)

        Video yang diidentifikasi adalah video yang diliput oleh ABC News The Deep Dive pada 9 februari 1999. Deep Dive memberikan tantangan pada perusahaan IDEO untuk mendesain ulang shopping cart / troli dalam jangka waktu 5 hari untuk mendemonstrasikan proses inovasi daripada IDEO.

Pengerjaan : 

        Pada awalnya, tim melihat desain awal dari sebuah troli dan melakukan survey terhadap producer-producer troli, konsumen, dan service center untuk troli dan mencoba menemukan masalah apa yang sering dialami oleh producer, konsumen, maupun sevice senter troli. Setelah melakukan survey dan observasi mereka me review dan mengidentifikasi setiap masalah yang telah didapat, seperti keamanan, kenyamanan saat berbelanja, dll.

Setelah itu tim dari IDEO mengumpulkan ide atau solusi dari berbagai macam masalah berdasarkan survey dan observasi yang telah dilakukan. Setelah itu tim mendesain gambar atau rancangan troli yang termodifikasi. Setelah menemukan beberapa macam desain gambar untuk troli, tim mulai membuat prototype atau troli percobaan. Dari video yang telah dilihat, ada 5 macam troli dengan konsep yang berbeda. Setelah menemukan banyak desain, tim mulai menyeleksi desain yang efektif dan memang diperlukan dan mengeliminasi bagian-bagian yang tidak diperlukan dan membuat final design atau desain akhir.

Desain Akhir

       Shopping cart / troli dengan bingkai baja tahan api yang menampung keranjang plastik yang bisa dilepas untuk membantu mencegah pencurian dan meningkatkan fleksibilitas pembelanja. Kursi anak ganda berayun, dan cup holder juga ditambahkan. Serta ada fitur checkout scanner yang berfungsi untuk mengecek berapa harga belanjaan yang telah dibawa sebelum dibayar. Troli yang di desain ini juga mempunyai roda yang bisa bermanuver 360 derajat.

KESIMPULAN : 

 Tahapan desain dapat menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian tertentu.

REFRENSI : 

1. Free-materi.blogspot.co.id/2010/10/tahapan-desain.html?m=1
2. ABC News – The Deep Dive 
3. https://en.m.wikipedia.org/wiki/IDEO

Komentar

Postingan Populer