prak-9 mebuat logo komunitas berdasarkan video referensi

1. Tujuan

Mahasiswa mampu membuat animasi 3D dari sebuah logo berdasarkan deskripsi komunitas dan video referensi.

2. Alat

  1. Maxon Cinema 4D
  2. Adobe After Effects

3. Bahan

  1. Video referensi yang diperoleh pada praktikum 08

4. Dasar Teori

3D GLASS REFRACTION LOGO

langkah-langkah membuatnya dengan menambahkan bola Luminance untuk bertindak sebagai lampu di belakang logo atau teks kaca Anda sementara tidak terlihat oleh kamera. Kemudian kita akan menambahkan beberapa objek cahaya dan mengatur simulasi Partikel untuk mendapatkan tampilan bergerak multi-warna pada teks.Langkah terakhir dalam C4D adalah menambahkan kamera . laluatur kecepatan zoom pada kamera. Lalu kita akan membuat animasi kita. Lalu kita akan menuju After Effects untuk menambahkan cahaya ke logo kita, dan kemudian menghilang dari animasi. Kami juga akan menambahkan gradien ke latar belakang kami yang solid ( https://greyscalegorilla.com/tutorials/glass-refraction-3d-logo-animation/ )

Creating 3D Logos in Element 3D with Textures



langkah pertama yaitu tracing logo yang akan di buat menggunakan Ai (Adobe Ilustrator) setelah di trace, pastikan logonya disimpan dalam bentuk multilayer yang nantinya kebaca transparency nya di after effects. setelah tracing buka after effect dan buat komposisi baru. import hasil tracing ke dalam affter effect dan drag and drop ke timeline komposisi. setelah itu buat lah layer solid baru dengan warna bebas dan apply effect plugin dari videocopilot yang element 3D. setelah element 3d sudah terbuka, buka parameter custom layer dan pilih layer yang berisi tracingan logo di Ai. setelah itu buka UI element 3d dan klik tombol extrude untuk melihat hasil render 3d dari logo yang sudah di tracing. jika belum muncul klik pada properties dan ganti custom layer menjadi layer yang sudah ditentukan. pilih jumlah bevel yang akan dipakai serta pasang material sesuai yang diinginkan. setelah itu klik ok dan buat camera baru di after effects untuk melihat 3d logo dari berbagai angle. setelah itu buatlah beberapa lampu untuk menyinari 3d logo yang sudah ada. dan animasikan logo nya sesuai yang diinginkan di parameter effect control di layer element 3D. jika sudah lakukan sedikit color correction dan render. (https://www.youtube.com/watch?v=bRJoj_ilcEM)
Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB berdasarkan video referensi yang diperoleh dari praktikum sebelumnya.

6. Petunjuk Praktikum

  1. Gunakan video referensi yang diperoleh pada praktikum sebelumnya sebagai inspirasi dari praktikum ini.
  2. Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
  3. Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
  4. Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 9 dan ke 10.
  5. Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 09 dan laporan prak 10.
  6. Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
  7. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim. Idealnya, dari laporan praktikum dapat disimpulkan terkait pembagian tugas antar anggota tim dan hasil yang diperoleh masing-masing anggota.

7. Hasil Praktikum

progress





8. Kesimpulan
membuat logo menggunakan referensi yang pertama sangat mudah karna hanya menggunakan refleksi dari cahaya ke logo dan untuk kendalanya yaitu sulit untuk mengabungkan antara video referensi 1 dan ke 2

9. Referensi

Komentar

Postingan Populer