prak 8

1. Tujuan
Mahasiswa mampu mengumpulkan beberapa video animasi untuk digunakan sebagai referensi visual.

2. Alat

  1. Chrome
  2. Google

3. Bahan

  1. Video

4. Dasar Teori

3D GLASS REFRACTION LOGO


langkah-langkah membuatnya dengan menambahkan bola Luminance untuk bertindak sebagai lampu di belakang logo atau teks kaca Anda sementara tidak terlihat oleh kamera. Kemudian kita akan menambahkan beberapa objek cahaya dan mengatur simulasi Partikel untuk mendapatkan tampilan bergerak multi-warna pada teks.Langkah terakhir dalam C4D adalah menambahkan kamera . laluatur kecepatan zoom pada kamera. Lalu kita akan membuat animasi kita. Lalu kita akan menuju After Effects untuk menambahkan cahaya ke logo kita, dan kemudian menghilang dari animasi. Kami juga akan menambahkan gradien ke latar belakang kami yang solidhttps://greyscalegorilla.com/tutorials/glass-refraction-3d-logo-animation/ )
Creating 3D Logos in Element 3D with Textures
langkah pertama yaitu tracing logo yang akan di buat menggunakan Ai (Adobe Ilustrator) setelah di trace, pastikan logonya disimpan dalam bentuk multilayer yang nantinya kebaca transparency nya di after effects. setelah tracing buka after effect dan buat komposisi baru. import hasil tracing ke dalam affter effect dan drag and drop ke timeline komposisi. setelah itu buat lah layer solid baru dengan warna bebas dan apply effect plugin dari videocopilot yang element 3D. setelah element 3d sudah terbuka, buka parameter custom layer dan pilih layer yang berisi tracingan logo di Ai. setelah itu buka UI element 3d dan klik tombol extrude untuk melihat hasil render 3d dari logo yang sudah di tracing. jika belum muncul klik pada properties dan ganti custom layer menjadi layer yang sudah ditentukan. pilih jumlah bevel yang akan dipakai serta pasang material sesuai yang diinginkan. setelah itu klik ok dan buat camera baru di after effects untuk melihat 3d logo dari berbagai angle. setelah itu buatlah beberapa lampu untuk menyinari 3d logo yang sudah ada. dan animasikan logo nya sesuai yang diinginkan di parameter effect control di layer element 3D. jika sudah lakukan sedikit color correction dan render. (https://www.youtube.com/watch?v=bRJoj_ilcEM)

5. Tugas Praktikum
Kumpulkan beberapa video referensi animasi logo yang dirasa tepat untuk komunitas di MMB. Dengan beberapa kriteria berikut:
  1. Jumlahnya minimal 3hasb
  2. Dibuat oleh artis di bidangnya, makin profesional makin baik

6. Petunjuk Praktikum

  1. Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
  2. Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
  3. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi hasil diskusi dan review oleh seluruh anggota tim baik terhadap video yang menjadi pilihan maupun yang tidak dipilih.

7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan

membuat animasi 3d diperlukan niatan yang lebih untuk proses pembuatannya yang sedikit rumit butuh kemampuan dan ke uletan yang tinggi untuk membuat sebuah animasi
semakin bagus pergerakan ,effect ,pencahayaan,warna dan camera move dari animasi 3d maka semakin rumit proses pembuatannya

9. Referensi


Komentar

Postingan Populer