Praktikum 04 - Secondary Action

Mifta Nauval H.
4103171024


1. Tujuan

Mahasiswa mampu membuat animasi 3D dari logo PENS. Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat dan Bahan
Alat : Laptop/PC, dan Internet,Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Bahan : Logo PENS

3. Dasar Teori
    Animasi 3D adalah animasi yang berwujud 3 dimensi. Meskipun bukan dalam wujud 3D yang sebenarnya, yaitu bukan sebuah objek 3D yang dapat disentuh dan dirasakan wujud fisiknya, namun dalam wujud 3D dalam layar kaca. Tidak seperti animasi 2D yang hanya memiliki kedua dimensi panjang (X) dan lebar (Y), animasi 3D selain memiliki kedua dimensi tersebut juga memiliki dimensi kedalaman (Z). Animasi 2D bersifat datar atau flat, sedangkan animasi 3D memiliki kedalaman bentuk atau volume. Animasi 3D dapat di definisikan sebagai animasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Tahapan animasi 3D secara keseluruhan dikerjakan dengan media komputer, mulai dari tahap modelling, texturing, rigging, animating, lighting, sampai rendering. Keunggulan utama dari animasi 3D adalah visualisasi objek yang tampak lebih nyata dan mendekati bentuk aslinya. Keunggulan lain adalah kemampuannya untuk membuat dan mewujudkan visualisasi adegan yang sulit, yang tidak mungkin, atau bahkan yang tampaknya mustahil.

    Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.


Modeling
    Dalam tahapan pertama ini, terdapat dua hal yang mendasar untuk pembuatannya yaitu model solid untuk merincikan volume objek yang akan ditampilkan. Selain itu lebih sering dipakai untuk simulasi medis seperti CAD, kontruksi geometri solid dan sebagainya. Selanjutnya Shell / Boundary yaitu menggambarkan permukaan seperti batas objek. Untuk prosesnya lebih mudah dikerjakan karena lebih sering digunakan dalam game atau film.

4. Petunjuk Praktikum
  • Membuka aplikasi animasi 3D (C4d)
  • Membuat modeling Logo PENS 3D
  • Menganimasikan Logo PENS 3D
  • Menambahkan secondary animation
  • Render
5. Tugas Praktikum
    Membuat Animasi 3D Logo PENS

6. Hasil Praktikum

Recording :



Saya menggunkan aplikasi Cinema 4D

HASIL :



7. Kesimpulan
    Membuat Animasi 3D Logo PENS diawali dengan membuat modelling logo PENS untuk dibentuk atau terlihat 3D. Pada praktikum ini saya belum bisa menyelesaikannya karena macnya belum ada aplikasi buat animasi jadi saya harus mengintsalnya dulu. Jadi pada praktikum ini saya hanya bisa sampai memasukkan logo dan belum sempat menggerakkannya dan merendernya.Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada screen record diatas.

8. Referensi

[1] https://idseducation.com/articles/memahami-lebih-dalam-pengertian-animasi-3d/
[2] https://flashcomindonesia.com/pengertian-dan-teknik-animasi-3-dimensi.html

[3] http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/

Komentar

Postingan Populer