Prak 05 - Design Thinking VS Commercial Product

1. Tujuan :     Memahami Design Thinking dalam Commercial Product

2. Alat :
    PC/Laptop
3. Bahan :
    Commercial Product ( Pocari Sweat)

4. Dasar Teori :
   
    - EMPHATIZE ( Empati )
1. Observe (amati) 
     Mengamati apa yang dilakukan orang (user) dan cara mereka berinteraksi dengan lingkungannya membantu kalian untuk memahami kebutuhan mereka.
2. Engage (terlibat) 
    Terlibat dengan orang secara langsung dapat membantu dalam mengungkapkan cara berpikir dan nilai-nilai yang mereka pegang. Kita dapat mengerti pandangan user melalui cerita dan hal-hal yang merekalakukan.
3. Immerse (rasakan langsung) 
    Setelah mengamati dan melibatkan diri dengan user , penting untuk merasakan langsung pengalaman user. Temukan (atau jika perlu ciptakan) pengalaman tersebut agar kalian bisa merasakan situasi yang dialami oleh user.
    - DEFINE ( Menentukan )
       Mencari Permasalahan yang ada

    - IDEATE ( Menghasilkan Ide ) 
      Mengeluarkan ide - ide yang dapat menjadi Solusi terhadap permasalahan.

    - PROTOTYPE ( Prototipe)
       Mengaplikasikan ide - ide yang sudah dikumpulkan kedalam bentuk fisik, dapat berupa catatan post-it yang ditempel di Tembok, kegiatan roleplay, objek, atau bahkan Story Board.
    - TEST ( Uji Coba )
       Tahapan test adalah peluang untuk memperbaiki solusi dan membuatnya lebih baik lagi. Tahapan ini dapat dilakukan secara berulang sampai kita mendapatkan hasil terbaik. 
5. Petunjuk Praktikum :
  1. Berkelompok menjadi 5 kelompok dalam satu kelas
  2. Silahkan pilih salah satu commercial product
  3. Hari ini ditutup dengan laporan praktikum
  4. Siapkan PPT untuk presentasi di kelas teori
6. Tugas Praktikum : 
  • Pilih salah satu commercial product (pocari sweat)
  • Identifikasi design thinking nya
  • Membuat PPT mengenai Materi identifikasi design thinking commercial product dan cantumkan di hasil praktikum 
7. Hasil Praktikum :



8. Kesimpulan :

Didalam Produk Komersial Pocari Sweat Terdapat 5 Langkah Design Thinking yaitu : Emphatize, Define, Ideate, Prototype,dan Test.

9. Refrensi : 

HTTPS://WWW.OTSUKA.CO.JP/EN/COMPANY/BUSINESS/REHYDRATION/POCARISWEAT/http://meaning-pocari-history.blogspot.co.id/2011/04/history-of-pocari-sweat-conclusion.html

Komentar

Postingan Populer